KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JARINGAN KOMPUTER


Egidius9 - Seperti judulnya, yaitu Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Komputer, disini saya ingin share artikelnya. Untuk yang belum paham apa itu Jaringan Komputer, bisa lihat di artikel sebelumnya di Pengertian Jaringan Komputer Beserta Manfaatnya.

Kelebihan Jaringan Komputer :

  1. Tinginya kecepatan akses sebab Server sendiri menyediakan fasilitas dan cara pengelolaan yang dilakukan secara khusus dan tidak melakukan tugas lainnya sebagai workstation ataupun client.
  2. Ketersediaan sistem administrasi dan keamaan yang jauh lebih baik dan secure, sebab ada peran seseorang dalam jaringan tersebut yang biasa disebut sebagai Administrator Jaringan. Tugas utama dari seorang Admin Jaringan sendiri adalah memonitoring dan mengelola sistem administrasi serta keamanan jaringan tersebut agar.  

    Baca juga : Tugas-Tugas Seorang Administrator Jaringan
  3. Sistem Back-up data yang lebih memadai, sebab semua aktivitas yang dilakukan dalam jaringan, khususnya dalam jaringan Client-Server lebih terpusat ke Server Jaringan. Sehingga kita tidak perlu lagi khawatir jika data-data kita sebelumnya hilang.
  4. Dapat berbagi-pakai fasilitas-fasilitas yang tersedia dan memadai di dalam suatu jaringan, sebab dengan jaringan tersebut antar komputer saling terhubung, sehingga kita dapat memanfaatkan jaringan itu untuk berbagi-pakai fasilitas, misalnya perangkat printer, harddisk, dan tentunya internet.
  5. Dalam jaringan komputer, biaya operasional relatif murah jika dibandingkan dengan jaringan client-server, sebab relatif tidak perlu adanya komputer yang memiliki tugas ataupun kemampuan khusus (Server) yang bertindak sebagai pengelola jaringan tersebut.
  6. Operasional kerja dalam jaringan tersebut tidak bergantung hanya seolah pada satu server saja. Jadi apabila terdapat salah satu komputer yang rusak sekalipun, jaringan tersebut tidak mengalami kerusakan atau gangguan secara keseluruhan. 

 

Kekurangan Jaringan Komputer

  1. Penanganan jaringan apabila rusak (troubleshooting) yang lumayan sulit, sebab dalam jaringan peer-to-peer setiap komputer yang terhubung terlibat secara langsung dalam komunikasi jaringan itu. Sedangkan pada jairngan client-server sendiri komunikasi jaringan terjadi antara workstation/client dengan server.

    Baca juga : Pengertian Jaringan Peer-to-Peer

  2. Masing-masing pengguna jaringan harus mengatur sistem keamanan fasilitas komputer yang ada, sebab keamanan ditentukan oleh setiap user sendiri.

  3. Setiap user harus melakukan sistem back-up secara masing-masing, sebab data yang ada dalam jaringan tersebut terdapat pada masing-masing komputer user, dan tidak terpusat pada server.

  4. Biaya operasional jaringan yang relatif mahal. 

  5. Perlu adanya sebuah komputer yang memiliki kemampuan khusus dan berspesifikasi lebih tinggi yang ditugaskan sebagai server.Apabila jaringan menggunakan satu server saja, maka apabila terjadi gangguan dalam jaringan tersebut, maka jaringan tersebut akan mengalami gangguan secara keseluruhan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

APA ITU KOMPUTER?